Jumat, 31 Juli 2015

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani

Tak diragukan lagi bahwa Pulau Lombok, pada Provinsi Nusa Tenggara Barat memperoleh banyak satu kali target bertamasya yang selalu spektakuler. Selain pantai dengan keindahan bawah lautnya,  wisata Lombok memperoleh berwisata alamnya. Salah satu bertamasya alam yang tetap menarik sebagai Danau Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani.

Bagi isu seluruh kalangan lokal, nama danau tersebut sendiri dari dari ucap Segara Anak yang memperoleh tafsiran Anak Laut. Sebuah itu didasarkan pada warna air danaunya kebiruan dengan menyerupai warna air laut.

Memang tak tidak ribet demi mencapai ke danau Segara Anak. Pengunjung diwajibkan berjalan kaki memakan ketika selama 9 jam. Bagaimanapun amat melelahkan, tetapi bakal terbayarkan seusai sesudah, karena pemandangan yang disediakandisuguhi sangat menakjubkan. Satu diantaranya keunikan danau itu merupakan sebuah gunung yang terdapat dalam tengah-tengah danaunya. Gunung ini dinamakan dengan Gunung Update Jari.

Di satu kota Danau Segara Anak, para pelancong bisa menjumpai beberapa sumber air bertensi tinggi serta level yang berbeda-beda. Segala pelancong mampu berendam sepuasnya dalam bak alami tersebut atau hanya mencelupkan kaki yang lelah berjalan seharian. Untuk kepercayaan suku Sasak, air dari sumber aiar bertensi tinggi ini berhasil jadi obat segala bermacam penyakit.

Dengan dalam kawasan itu juga terdapat sesuatu pohon tua yang dikeramatkan menurut penduduk setempat. Dan agen pohon ini diyakini kalau apa yang anda inginkan mampu terkabul. Mitos yang berkembang dalam masyarakat setempat kalau kalau Kamu memiliki semangat yang mengamati pernah terkabul maka gantungkanlah hal batu pada pohon ini selanjutnya ucapkan gelora semangat Anda. Seumpama motivasi Kamu terlaksana, maka batu yang Kita gantungkan dulunya mesti segera dilepaskan.

Karena keindahannya itu, banyak pelancong dari menuju sana tak saja memperhatikan keindahan alamnya namun begitu juga sekaligus menjalankan kegiatan lain yang menggembirakan. Salah satunya ialah bermalam dalam sekitar danau.

Selain dipakai sebagai obyek tamasya, Danau Segara Anak begitu juga dipercaya ialah satu diantaranya tempat sakral dengan mempunyai nilai religius yang tinggi pada akhirnya sangat banyak digunakan tetapi seluruh kalangan setempat demi melaksanakan bermacam ritual.

Konon kawasan tetangga danau dipercaya yaitu tempat bermukimnya seluruh jin penghuni Gunung Rinjani. Sehingga untuk menghormati sosok penghuni itu, umat Hindu serta suku Sasak memunculkan upacara adat setiap musim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar